10 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kopi adalah salah satu minuman paling populer dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Efek kopi telah dipelajari selama lebih dari seabad untuk menjelaskan manfaat kesehatannya dan risiko yang dapat ditimbulkannya serta kopi memiliki rendah kalori.

Secangkir kopi tanpa menambahkan gula dan krim mengandung dua kalori Ini juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan  dan juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tidak disarankan untuk minum kopi berlebihan untuk menghindari kerusakan yang dapat disebabkan oleh jumlah besar.

Manfaat kopi

Kopi adalah salah satu minuman sehat karena mengandung berbagai senyawa dan nutrisi penting yang membuat tubuh mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Manfaat kopi  yaitu:

1. Tingkatkan energi dan tingkatkan kecerdasan

Kopi dapat mengurangi kelelahan, karena kopi mengandung stimulan yang disebut Caffeine yang ditransmisikan ke otak oleh darah, merangsang sel-sel saraf dan membantu meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, refleks, dan tingkat energi.

2. Merangsang pembakaran lemak

Kafein dalam kopi adalah salah satu zat alami yang membantu membakar lemak, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein meningkatkan laju metabolisme hingga 3-11%, tetapi efek ini menurun pada orang yang minum kopi secara permanen dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan kinerja fisik

Kafein dapat meningkatkan kinerja fisik sebesar 11-12% dengan meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah yang membuat tubuh siap untuk aktivitas fisik yang intens, juga merangsang pemecahan sel-sel lemak dan membuatnya tersedia sebagai bahan bakar bagi tubuh dalam bentuk asam lemak dalam darah, jadi masuk akal untuk minum secangkir kopi setengah jam sebelum mulai berolahraga.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa peminum kopi kurang mungkin terkena diabetes tipe 2.

5. Mengurangi risiko Alzheimer dan demensia

Alzheimer adalah penyakit neurologis yang paling umum dan penyebab utama demensia, dapat dicegah dengan makan sehat, berolahraga, dan minum kopi dapat mengurangi risiko infeksi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa risiko penyakit Alzheimer pada peminum kopi adalah 65% lebih rendah.

6. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum kopi mengurangi risiko penyakit Parkinson sebesar 32-60%, yang disebabkan oleh kafein, jadi tidak meminum kopi tanpa kafein.

7. Mengurangi risiko sirosis hati

Kopi dapat membantu mencegah sirosis yang disebabkan oleh berbagai penyakit hati seperti hepatitis dan penyakit hati berlemak. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari Risiko sirosis hati adalah 80%.

8. Mengurangi risiko depresi

Satu studi yang melibatkan wanita menunjukkan bahwa minum 4 cangkir kopi atau lebih sehari membantu mengurangi risiko depresi hingga 20%.

9. Mengurangi risiko beberapa kanker

Satu studi menemukan bahwa peminum kopi 40 persen lebih rendah untuk terserang kanker hati. Penelitian lain yang melibatkan 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi sehari cenderung untuk mengembangkan kanker. Usus besar dan dubur 15%.

10. Mengurangi risiko stroke

Kopi tidak lebih dari risiko penyakit jantung seperti diketahui, dan penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko stroke hingga 20%.

Efek terlalu sering minum kopi

Meskipun banyak manfaat kopi, tetapi dapat menyebabkan berbagai masalah, yang bervariasi pada orang yang berbeda, dan kerusakan konsumsi kopi dalam jumlah besar dan akibat dari pengaruh kafein yang terkandung didalamnya adalah sebagai berikut:
  • Kafein dapat membuat Anda susah tidur.
  • Minum kopi dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah pencernaan. Meskipun minum kopi dalam jumlah sedikit atau sedang bermanfaat untuk meningkatkan pergerakan usus, minum terlalu banyak dapat menyebabkan diare dan gastroesophageal reflux.
  • Kurang minum kopi selama beberapa jam dapat menyebabkan gejala penarikan psikologis dan fisik, sakit kepala dan kelelahan pada orang yang mengkonsumsinya dalam jumlah besar setiap hari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *