Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami Aman dan Sehat

Tubuh ideal adalah impian bagi setiap orang, baik itu laki – laki maupun perempuan. Jika orang tersebut memiliki tubuh yang kurang dari indeks massa tubuh, maka orang tersebut memiliki tubuh yang kurang ideal.

Nah, bagaimana cara untuk menaikkan berat badan dengan aman dan cepat. Perlu diketahui bahwa untuk menaikkan berat badan kita harus mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang biasanya dibakar tubuh dan dimungkinkan untuk menambah 300 hingga 500 kalori sehari untuk peningkatan berat badan secara teratur.

Jika Anda ingin menaikkan berat badan lebih cepat, dimungkinkan untuk menambah 1000 kalori dan ini tidak dapat terjadi dalam beberapa hari atau beberapa minggu, butuh waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menambah berat badan dengan aman dan benar. Anda dapat mengikuti cara berikut, bagaimana menaikkan berat badan dengan aman dan benar.

  1. Makan tiga kali sehari: selain camilan, termasuk lebih banyak kalori.
  2. Konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat dan kaya serat: Makanan ini memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan olahraga teratur, meningkatkan pertumbuhan otot, dan membantu meningkatkan jumlah kalori dan nutrisi yang dikonsumsi sepanjang hari, seperti biji-bijian.
  3. Makan cukup protein: Dimungkinkan untuk mengonsumsi 0,8 gram hingga 2 gram protein per kilogram. Makan makanan yang mengandung cukup protein seperti ikan, kacang-kacangan, dan telur.
  4. Konsumsi lemak sehat: Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, lemak ini ditemukan dalam buah alpukat, ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati.
  5. Kalori: Kalori baik untuk orang-orang yang memiliki sedikit nafsu makan. Kalori ini terkandung dalam susu, mentega , buah-buahan, sayuran berdaun, seperti: bayam, atau biji-bijian.
  6. Olahraga atau latihan otot, seperti latihan ketahanan atau angkat berat secara teratur. Latihan-latihan ini dikombinasikan dengan diet kaya protein, dapat menggeser kalori berlebih ke otot. Untuk hasil yang lebih baik, olahraga harus dilakukan dua kali seminggu yang menargetkan otot-otot dasar tubuh seperti squat dan biceps.
  7. Makan kue-kue bergizi seperti pai labu, kue gandum, yogurt beku, dan zucchini.

Penyebab orang memiliki berat badan yang kurang

  1. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan orang kurus, yaitu sebagai berikut :
  2. Masalah tiroid: Hipertiroidisme, yang meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan.
  3. Diabetes: Yang paling rentan terhadap penurunan berat badan adalah mereka yang menderita diabetes yang tidak terkontrol.
  4. Infeksi: Ini menyebabkan penurunan berat badan yang parah, seperti TBC, HIV atau AIDS, dan parasit.
  5. Kanker: Sejumlah besar kalori terbakar, karena tumor kanker yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.
  6. Penyakit seliaka: Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka terinfeksi, dan itu adalah salah satu bentuk intoleransi gluten yang paling tidak toleran terhadap gluten.
  7. Gangguan Makan: Anorexia nervosa (K) selain masalah psikologis serius.
  8. Stres atau stres psikologis: Ini mungkin terjadi karena pekerjaan, gaya hidup, atau hubungan sosial, sehingga dapat mempengaruhi nafsu makan dan mengurangi berat badan.
  9. Merokok: Ini mengurangi nafsu makan, jadi perokok lebih cenderung menjadi kurus.

Hal-hal yang harus dihindari ketika menaikkan berat badan

  1. Ada hal-hal yang harus dihindari orang yang ingin menambah berat badannya, yaitu :
  2. Hindari sayuran yang berkalori rendah
  3. Hindari Olahraga seperti berlari, berenang, dan bersepeda.
  4. Tidak boleh putus asa. Tetap bertekad dan bersabar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *